Rabu, 06 Mei 2020

LOMBA POJOK BACA SPEGA PUDING - LIPUTAN



13 Jan@Reportase
Mranggen.  Siswa  - siswi SMPN 3 Mranggen  Demak yang biasa disebut SPEGA PUDING  karena terletak dijalan Pucanggading  kelas VII,VIII dan IX beserta seluruh civitas akademika terlihat sangat antusias saat mengikuti serangkaian  kegiatan dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018. Kegiatan yang dilaksanakan  diantaranya Lomba Pidato , Lomba Story Telling, Lomba  Mata Pelajaran yang diujikan secara nasional  untuk kelas  IX meliputi  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,Matematika,IPA dan Lomba Pojok Baca.
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Disamping kegiatan tersebut diatas diselenggarakan pula kegiatan pelatihan wirausaha. Setiap siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut mereka mendaftar sebagai peserta  maupun yang bertindak sebagai panitia dan pendukung . Kegiatan tersebut dilaksanakan  ditempat berbeda.  Lomba Pidato dilaksanakan dilapangan Basket, Lomba Story Telling  di Hall sekolah,Lomba mata pelajaran Ujian Nasional di Ruang TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) , Lomba Pojok Baca dilaksanakan dikelas masing- masing.
Kegiatan Lomba Pojok Baca merupakan kegiatan kali kedua . Pelaksanaan Lomba Pojok Baca yang diikuti  oleh setiap kelas  memerlukan persiapan yang matang dari setting tema, tempat dan desain juga jenis buku dan penataan. Siswa disetiap kelas didampingi oleh Wali Kelas masing – masing. Mereka berusaha mewujudkan pojok baca sebaik mungkin.
Wali Kelas menunjuk panitia pelaksana lomba pojok baca  dikelas kemudian dalam tim ketua kelas dan pengurus kelas dibantu oleh semua siswa saling memberi ide untuk display Pojok Baca kelas mereka. Setelah kegiatan dilaksanakan pengumuman disampaikan dan kelas terbaik  mendapat kejuaraan .
Pada kegiatan Lomba Pojok Baca  disamping anak – anak bersemangat untuk mempersiapkan terwujudnya kelas yang layak sebagai pemenang juga membuat siswa merasa lebih nyaman karena kelas dilengkapi dengan  berbagai ornament   yang mendukung pojok baca. Kelas lebih nyaman, bagus dan lengkap fasilitas pojok baca mereka. Banyak buku yang dipajang dari bantuan murid yang menyumbangkan ke sekolah. Anak – anak juga sangat senang dengan tempat baru mereka untuk membaca dan mencari sumber – sumber belajar saat berada disekolah.
Kegiatan  peringatan  Hari Sumpah Pemuda  di SMPN 3 Mranggen, Demak  tersebut menjadi sarana  untuk menghormati jasa Pahlawan, dan mengisi kegiatan disekolah dengan efektif sekaligus meningkatkan  dan mendukung  gerakan  literasi di Kabupaten Demak.

Penulis
Prihariyani,S.Pd.,M.Hum.
SMPN 3 Mranggen
Demak
Jawa Tengah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEBARAN _ CERPEN

 Pagi yang cerah tanggal 2 Mei 2022. Hari pertama lebaran tahun 2022. Pandemi covid sudah berlalu. Hari yang dinanti banyak umat muslim di d...