Rabu, 06 Mei 2020

HANTU MAKAM - CERPEN


Sore itu aku bersama suami pergi untuk mendoakan arwah mertua dan kerabat didesaku. 
Aku bersiap – siap berangkat. Kupakai busana muslim dan kerudung kesukaanku.
 Kami naik sepeda motor menuju ke makam. 
Dan sampailah aku dipemakaman umum ditempatku. 
Kami bertemu dengan sanak saudara dan tetangga yang kebetulan juga disana.
Tempat yang kami tuju telah didepan mata . 
Aku dan suami bersiap – siap untuk mengawali doa. 
Tetapi apa yang terjadi, saat aku mulai berkonsentrasi untuk berdoa tiba – tiba saya melihat ada ular naga besar dibawah pohon jati disamping makam mertua . Pada  waktu yang bersamaan saya juga melihat harimau besar menatap kesekeliling. 
Wah aku takut sekali rasanya tetapi masih kulihat harimau itu.
Aku tidak berkedip melihatnya antara takut dan gemetar rasanya. 
Diantara banyak pusara aku melihat hal itu didekat makam.
Pernah suatu ketika aku pergi kemakam , begitu kulangkahkan kaki kulihat api berkobar – kobar disana sini. Tetapi orang – ornag itu tidak ketakutan hanya kau yang takut .
 Aku hanya melongo , lho apa itu.Ternyata  saat aku bertanya api itu disebut Banaspati.
Setan yang menyerupai api alangkah menakutkan. 
Ditempat yang sama dilain waktu aku berdoa untuk arwah semua ahli kubur namun ku kaget karena disamping makam ada bayi sedang bersender dinisan. 
Aku berteriak dalam hati , lho itu siapa, kenapa itu. 
Wah aku tidak bisa menyampikan dengan kata kata karena lidahku seperti tidak mampu berujar.
Kok adabayi disitu. Hingga sepulang dari makam aku berbincang dengan suami. 
Apakah melihat hal – hal tersebut tetapi katanya tidak.Aku heran mengapa aku melihat penampakan – penampakan itu.

Penulis 
Prihariyani,S.Pd.,M.Hum.
SMPN 3 Mranggen
Demak
Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEBARAN _ CERPEN

 Pagi yang cerah tanggal 2 Mei 2022. Hari pertama lebaran tahun 2022. Pandemi covid sudah berlalu. Hari yang dinanti banyak umat muslim di d...