Jumat, 03 April 2020

KFC _ CERPEN

KFC

Good afternoon mom. Good afernoon jawabku. Aku mulai mengajar siang itu. Masuk kelas dengan hati senang meski agak panas karena siang hari.

Anak _ anak mendengarkan dengan serius apa yang aku sampaikan. Mereka selanjutnya saling mengoreksi jawaban. Selesai sudah akhirnya. Aku memanggil satu persatu  nilai yang didapat anak_ anak. Tetapi mereka agak ribut. Aku terganggu. Anak _ anak diam ya, kataku. Ya, bu. Aku mendengarkan anak_ anak bercanda. Ada apa anak_ anak. Ini bu A. Kenapa A. Tanyaku. Gak apa_ apa bu. Lho. Ayo bilang saja. Tadi aku menjelaskan tentang Birthday  Card ( Kartu Ulang Tahun ) dan Birthday Invitation ( Kartu Undangan Ulang Tahun ) . Anak _ anak bercanda . Bu , ini A tidak pernah ulang tahun. Lah. Ya , tidak apa _ apa . Kalian tidak harus merayakan ulang tahun dengan pesta. Aku mendekati A. Kamu semangat ya. Ya bu. Jawabnya. Tetapi kamu pernah diundang kan untuk merayakan ulang tahun seseorang? . Belum pernah bu. Wah. Aku terkejut. B berbisik padaku. Bu sini! Ya, ada apa. A itu bilang  kalau dia tidak pernah makan di KFC ( Kentucky Fried Chicken ) / rumah makan yang menyediakan ayam goreng. Rumah makan ini sangat terkenal untuk anak_anak. Aku menoleh ke arah A. Rasanya iba karena sebagian besar anak_ anak sering makan disini. Tetapi ternyata ada juga yang belum pernah.

Pikiranku masih kacau. Aku terus memikirkan A. Pada istirahat kedua , aku memanggil A. Dia menemuiku didepan hall kelas. Aku tidak mau ada yang mendengar. Hall penuh lalu lalang anak. Tetapi anak_ anak tidak memperhatikan apa yang kami bahas. Anak_ anak menyapa saya. Halo , mom. Halo , jawabku. Ku lihat A takut menghadapku. Dia takut dan tidak tahu. Untuk apa aku panggil. Maaf bu. Ada apa? Saya tidak melakukan kesalahan. Ya, sini. Kamu tadi bilang kalau belum pernah makan di KFC ? Ya bu. Jawab dia dengan menunduk. Maaf, bu. Tidak apa_ apa. Apakah kamu ingin makan disana? Ya,bu. Tapi saya tidak punya uang bu. Aku melihat dia sekilas. Anak ini tidak pernah bohong. Kondisi keluarga juga aku tahu. Apakah kamu mau kalau ada yang mengajak makan di KFC? Dia menunduk. Mau, bu. Coba panggil satu teman sekelasmu tadi.
B panggil kesini ya. Ya bu. B datang. Ku jelaskan semua. A dan  B ini ada uang nanti kalian berdua makan di KFC ya. Pilih yang kalian suka. Hati _ hati dijalan. Ya bu . Mereka berpandangan dan senang. Dan jangan bilang siapa _ siapa. Nanti kamu malu. Ya bu. Terimakasih. Nampak wajah A senang sekali. B juga ikut senang.

Aku meneteskan akhir mata saat anak_ anak berlalu. Semoga mereka bisa senang setelah bisa makan disana. Aku pulang dengan hati lega.


Penulis
Prihariyani,S.Pd.,M.Hum.
SMPN 3 Mranggen
Demak
Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEBARAN _ CERPEN

 Pagi yang cerah tanggal 2 Mei 2022. Hari pertama lebaran tahun 2022. Pandemi covid sudah berlalu. Hari yang dinanti banyak umat muslim di d...