Rabu, 15 April 2020

KARYA INOVASI DAN KUALITAS DIRI BERSAMA BAPAK TRI AGUS CAHYONO M.Pd. _ REVIEW MATERI

https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/finalis-inovasi-pembelajaran-inobel-tahun-2019 silahkan dibuka Ibu Bapak umtuk referensi.

Kuliah Malam Online bersama Bapak Tri Agus Cahyono,M.Pd.


Sesuai Tema yang kami ambil "Karya Inovasi & Kualitas Diri" 
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang.
Menurut taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool

 Ada 6 tahapan berfikir kognitif
 1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir.
Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut.
Jangan sampai kita berinovasi tapi: 
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut.
Ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab.
Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.
 Belajar kita lakukan pada saat mengajar
Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar
Apa yg membuat bpk tertarik melakukan inovasi pemeblajaran di kelas bpk?
Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika kepuasan

 Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan)
 Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul
Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul
Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak Arif Edi)
1. Asli (jangan menjiplak)
2. Perlu (benar2 dibutuhkan)
3. Inovative
4. Konsisten
Belajar kita lakukan pada saat mengajar Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar
Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan)

Beliau memberikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016
Namanya media "Planetarium Bekam"
Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini kami gunakan yaitu globe
 Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa saja
Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang memuaskanPrestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasiMotivasi rendah lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak)
 Zona motivasi anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan
Jadi jika materi terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi
Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir sangat abstrak
Fungsi media ini adalah mempermudah observasi
Ketika anak memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit.
Disinilah ketidakpuasan terhadap globe muncul
Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam menjelaskan materi tersebut
Kelebihan: 
1. Model yg paling sesuai 
2. Ada di sekolah 
3. Mudah digunakan
4. ...dll
Kekurangan:
1. Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan.
 Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas
Khusus pada gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep tersebut.
Semisal Gerak semu harian matahari
Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari. Matahari tidak bergerak tetapi yg bergerak adalah bumi.
1 Apakah karya inobel yang juara mesti ada unsur TIK- nya...? 
 2.Slmt malm pa Agus, boleh ceritakan  lebih dalm karya inovatif  yang pernah anda buat sampai dikenal  dan mendapat prestasimu itu?
 3.Yang manakah  media / alat peraga yang lebih pertimbangkan  oleh dewan juri saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern . Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK siswa. 
Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK
Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang.

Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari
 Sehingga menjadi sulit bagi anak
 Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar
 Itu kendala yg harus diselesaikan
 Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut
Bisa langsung dijelaskan untuk mengatasi kendalanya
Aktifitas dengan kamera sangat tinggi
Hampir setiap kegiatan di rekam foto dan abadikan. 
Bagaimana kerja sama guru dan kepsek  di sekolahmu melihat  dan mendukung prestadi anda? 
Mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan membantu beliau dalam mengikuti kegiatan _ kegiatan di luar sekolah
Ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya

Kita menggunakannya dalam kondisi bergerak
Sedangkan obyek yang kita shot tidak bergerak
Maka ketika kita memutar videonya
Hasilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak
Dan kamera merupakan alat optik yang menyerupai kinerja mata
Sehingga saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita
 Alat peraga  adalah bagian dari media
 Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan
 Perhatikan teko dalam video tersebut
Teko kondisi sebenarnya tidak bergerak
 Keren banget  pasti siswanya  seneng dan motivasi akan timbul
Tetapi dalam video bergerak
Itulah yg bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu
Teko sebagai matahari sedangkan kamera adalah mata yang ada di bumi.
 Nah coba tonton video tersebut sambil tiduran berulang2
Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit
 Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan menghilang
Mirip dengan gerak semu harian matahari
Beliau berpikir bagaimana supaya hal tersebut bisa ditampilkan di kelas
 Maka kamera yg saya pasang harus bisa live menampilkan kenampakan langit
 Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya hubungkan ke proyektor (LCD) saya sorotkan 
Maka jadilah planetarium bekam

 Bekam = Globe berkamera
Cara menggunakan dalam pembelajaran seperti menggunakan globe biasa
*Seberapa jauh peran KS dalam prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal. Apakah teman teman satu sekolah  juga melaksanakan hal yang sama
? Ya, walaupun mungkin tidak ikut lomba.


Banyak guru di sekolah memiliki kesulitan utk mencari ide kreatif karena menyelesaikan administrasi guru. Apakah bapak punya saran utk kondisi ini (dilihat dari pengalaman bapak). https://drive.google.com/file/d/0B3tt7etjRMOsQnQ1bHV2QmpwY2M/view?usp=drives

Tanya Jawab bersama beliau : 

1.Untuk karya inobel..ada kriterianya?
2.utk karya yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?

3.Untuk pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK?
perlu dicantumkan rumusan masalah?



Disamping karya inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi  Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016.
apa kiat2 sukses bapak
kebetulan saya mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD  Daerah Khusus.

 Alhamdulillah Bapak Kepala sekolah Kami baik yg lama maupun yg baru sangat mendukung kegiatan2 saya.
Syarat guru berdedikasi dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi
 Kalau 2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan rekomendasi Dikpora propinsi
Silahkan pantau terus akun kesharlindung. Jika propinsi ada seleksi silahkan dipersiapkan sama seperti Gupres tetapi lebih kepada dedikasi bukan prestasi
 Itu lbh Baik  mungkin yang tadi bertanya msh ingin berdiskusi lebih detail lagi

Kunci Inovasi 
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
 Silahkan terapkan APIK tadi menurut kondisi anda sendiri
Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine
Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design) 
Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise
 Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
 Apa yang menjadi kendala ketika akan meraih juara inobel?
Pengendalian diri, agar tidak terjebak dalam sikap yg merugikan penilaian juri. Semisal dalam menanggapi sanggahan atau masukan juri harus hati2 dan tidak menyinggung. Membela diri dengan dengan kata2 tersembunyi agar tidak terkesan rendah diri apalagi menyalahkan diri sendiri.
Apakah inobel sama seperti membuat PTK ...bedanya apa antara PTK dan inobel ?

PTK adalah salah satu bentuk karya tulis inovasi didalam PTK ada inovasi.

SD'ku tidak seperti SD Lain yang sarpras'nya Lengkap.
Untuk pembeLajaran STEM saja tidak mendukung.
Mohon tips'nya metode atau modeL pembeLajaran apa yang tepat untuk keLas saya?

Dalam penilaian seleksi inobel pertama adalah seleski:
1. administrasi, karya tulis, 
2.workshop, 
3. final (display& presentasi)
Kunci lolos seleksi pertama harus membuat karya tulis yg layak lolos
Keterbatasan adalah kekuatan jadi gunakan hal tersebut untuk menjadi sebab munculnya lebih banyak ide dan meningkatkan kompetensi njenengan.

 Untuk membuat karya tulis yg layak lolos uji smiliarity tipsnya 
1. Sedikit mengutip langsung
2. Gunakan sumber asing terjemahkan sebisanya
3. Jangan membaca buku sumber / KTI oranglain saat menulis
Syarat lolos workshop:
1. Mengikuti kegiatan dengan baik
2. Apa yg diulang2 narasumber lakukan
3. Tetap fokus dan jangan minder dengan karya peserta lain


1. Bolehkah saya tahu judul karya inovatif bapak yang lolos di inobel?
2. Inovasi pembelajaran seperti apa yang sedang in sekarang ini?
3. Tahun kemarin sebenarnya saya tertarik ikut inobel, tetapi terkendala NUPTK saya yang belum keluar, sebenarnya lomba karya tulis apa saja yang dapat diikuti oleh guru selain inobel, dengan catatan bisa diikuti oleh semua guru tanpa ada syarat khusus NUPTK. 

4. Apakah di inobel selalu inovasi tentang alat peraga yang menjadi juara, apakah tidak ada yang berinovasi tentang model pembelajaran?
 Syarat menang di final:
1. Berani modal untuk display yg baik
2. Rancangan Pencitraan sikap dalam presentasi
3. Berdoa dan tawakal jangan terlalu senang menikmati Jalan2 yg disediakan panitia.
https://drive.google.com/file/d/0B3tt7etjRMOsQnQ1bHV2QmpwY2M/view?usp=drivesdk

Kriteria penilaian untuk guru inobel itu apa saja?apakah kriteria ny sama dr tingkat kecamatan smp tingkat internasional. dan yang disebut inobel itu seperti apa? 
 Tidak, bisa tentang model atau pendekatan
 Untuk model atau pendekatan harus kuat dalam berteori (landasan teori) jadi menguasai teori2 belajar. Harus berhati2 dalam menyusun sintak yg mirip langkah2nya dengan model yg sudah ada karena akan terdeteksi plagiat
Inobel tingkat nasional pendaftaran mandiri, tidak melalui penunjukan. Jika melalui penunjukkan mungkin penyelenggaranya tingkat propinsi atau kabupaten.
Tidak berjenjang seperti Gupres, OGN, Anugerah MK
 Kesimpulan
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas. 

Diskusi yang sangat menginspirasi. 

Summarized 
     By
Prihariyani,S.Pd.,M.Hum.
SMPN 3 Mranggen
Demak
Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEBARAN _ CERPEN

 Pagi yang cerah tanggal 2 Mei 2022. Hari pertama lebaran tahun 2022. Pandemi covid sudah berlalu. Hari yang dinanti banyak umat muslim di d...