Senin, 27 April 2020

I MISS MY STUDENTS _ CERPEN

Hampir dua bulan aku tidak bertemu  murid _ muridku.
 Biasanya pagi hari kami sudah didepan gerbang bersama tim STP2 K menyambut kedatangan anak_ anak.
Mereka datang dengan wajah cerah mencari ilmu tuk meraih masa depan.

Kami saling mengucapkan salam. Kami jiga berjabat tangan.
Pada saat anak _ anak terlihat kurang semangat kami beri motivasi.
Pernah ada anak yang mengucapkan salam. "Good morning , Mrs Pri, I love you."
Aku juga jawab " Love you, too."
Terkadang ada anak yang bilang, " Aku tidak suka sama Mrs. Pri, gak asik kok." "Kenapa?"
" Tidak apa _ apa ."
Ternyata aku lupa memberi tanda _ tangan pada lembar jawabnya.
" Ya, Mrs. Pri minta maaf."
Saat itu dikelas tujuh aku sedang mengajar. " Mrs Pri  saya mau curhat."
"Curhat apa? Sudah selesai belum tugasmu ?
"Sudah to Mrs.
Begini Mrs. kemarin waktu muter _ muter naik sepeda.
Kami berempat diminta tolong bersihkan rumput dan diberi pisang satu lirang sama orang Mrs. "
"Yang benar ?"
"Kalian tidak mengambil kan?"
"Astaqfirulloh , Mrs kami tidak seperti itu."
" Ya, maafkan Mrs. Pri."

Pagi itu ada anak yang menangis.
Kenapa dia.
Dia lupa tidak membawa dasi.
 Dia tidak mau masuk sekolah.
 Hingga orang tuanya marah.
Tetapi anak itu masih tetap tidak mau. Akhirnya kami dekati.
" Sini sayang, masuk ke kelas.
 Tidak apa _ apa kalau lupa membawa dasi. Besok jangan lupa lagi."
" Tapi aku malu bu, nanti teman _ teman  mengejek.
Dia masih menangis.
Akhirnya kami belikan dasi.
" Ini dipakai ya."
" Ya bu" Dia sudah  bisa tersenyum.
Anak _ anak masuk ke kelas.
 " Bu , kenapa itu? Dasar anak manja."
Lah dia menangis lagi.
Wah kalian ini jangan begitu.
"  Cengeng kok bu , apa _ apa marah, terus suka laporin teman."
" Ya, besok jangan begitu mbak."
"Ya bu."
Aku mendekat pada anak _ anak yang sedang bergerombol.
"Wah asik sekali, makan apa anak _ anak?" " Ini Mrs, mau?"
" Terimakasih." 
Aku ambil sedikit ikut makan."
Aku biasa ikut anak _ anak makan.
 Biar mereka senang.
Terkadang aku dikelas minta tolong anak _ anak beli beberapa makanan dikecil dikantin lalu dimakan bersama _ sama. Senang rasanya.
Anak _ anak gembira.
 "Mrs. Aku mau. "
 " Ayo sini ambil bareng _ bareng makan."

Pagi itu aku sedang mengajar.
Ada murid yang mendekat  " Mrs. ini dari mama."
" Apa itu?" 
Setelah aku buka ternyata klepon  satu mika.
Saat kuberi uang katanya tidak usah Mrs. " Aku terharu melihat mereka.
Ada anak yang usil.
" Mrs. Pri, nanti mau tak laporkan ayahku.". " Ayo gak apa _ apa ."
"Kenapa ?" ternyata dia tidak saja ijinkan untuk keluar mengambil buku yang ketinggalan dia ngambek.
Aku selalu cemas kalau anak _ anak diluar sekolah ataupun kalau dirumah.
Mereka lagi apa ini.
Selalu dalam pikiran seperti itu.
Anak _ anak itu kok lagi keliling ada apa ya?
"Mrs. Pri, halo."
 " Hey, anak _ anak , ada apa?"
"Ayo masuk kelas Mrs. "
 " Lho kan bukan jam saya ? "
 " Ayo Mrs. "
 Aku menurut.
 Kelas kosong anak _ anak kemana?
 Itu Mrs. Lagi diberi tugas mencatat diperpustakaan.

" Mrs. Pri hey."
 " Hello anak_ anak, how are you today? "
 "I am fine mom".
Mereka serempak menjawab.
Tiba _ tiba ada murid  yang ribut berebut kamus Bahasa Inggris.
Pelajaran saya memang anak _ anak wajib membawa kamus.
 Agar terbiasa membuka arti kata dan paham maknanya jadi tidak saling bertanya tanpa berusaha mencari.
"Kenapa kalian? "
" Ini Mrs. kamusku malah dia mengaku yang punya."
"Benar itu?"
"Ya Mrs. "
Kembalikan.
Diapun mengembalikan.
Anak _ anak memang suka usil  terhadap temannya.

Penulis
Prihariyani,S.Pd.,M.Hum.
SMPN 3 Mranggen
Demak
Jawa Tengah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEBARAN _ CERPEN

 Pagi yang cerah tanggal 2 Mei 2022. Hari pertama lebaran tahun 2022. Pandemi covid sudah berlalu. Hari yang dinanti banyak umat muslim di d...