Sabtu, 12 September 2020

KUNCI SUKSES BERBISNIS _ ULASAN

 Bisnis adalah kegiatan usaha yang sangat menjanjikan. Bisnis perlu diperjuangkan. Orang yang menjalankan bisnis jangan lupa melihat kunci sukses diantaranya adalah 

1. Doa 

Doa merupakan kekuatan yang sangat dahsyat. Jangan  abaikan doa untuk memohon petunjuk dan ridho dari Tuhan YME  

2. Usaha 

Usaha yang terus menerus akan membuahkan hasil. Hasil tidak mengkhianati proses.  Jangan cepat putus  asa.

3. Tujuan

Bisnis harus memiliki  tujuan. Tujuan untuk meningkatkan ekononomi dan  memberi manfaat bagi masyarakat pengguna dan yang mensupport bisnis kita. 

4. Jujur 

Jangan memberi data salah dan curang saat mengelola sebuah bisnis. Berikan jumlah yang sesuai dan produk / jasa sesuai kesepakatan. 

5. Promosi

Jangan lelah berpromosi. Tidak kenal maka tidak sayang . Bawalah produk / jasa dari bisnis kita dimanapun berada . Kita bisa promosi lewat medsos ataupun promosi berbayar. 

6. Baik Hati

Seorang pebisnis harus baik hati. Beri sample ke pelanggan, beri reward ke pegawai / mitra . Pebisnis juga harus berbaur dengan pebisnis lain dalam mengembangkan bidnis  

7. Iklash

Pebisbis harus bisa menerima saat kondisi bisnis up ( naik ) ataupun down ( turun ). Semua didasari pada keiklasan menerima takdir Tuhan. 

8. Jejaring

Pebisnis sukses adalah mereka yang memiliki jejaring luas. Kegiatan Bisnis dan promosi akan semakin banyak.

9. Rendah Hati

Saat bisnis naik sedikit jangan kemudian langsung diikuti dengan gaya hidup mewah  .Janganlah  meresa lebih tinggi karena posisi bisnis kita. Rendah hati sangat dibutuhkan agar selalu mawas diri. 

10. Inovatif

Bsinis yang dimiliki akan terlihat monoton dsn tertinggal dari yang lain manakala kompetitor kita sudah melesat maju.  Sementara kita tidak punya karya baru. 

Nantikan  kiat 2 sukses berikutnya. Terimakasih.

Penulis

Prhariyani, S.Pd., M.Hum.

SMPN 3 Mranggen

Demak

Jawa Tengah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEBARAN _ CERPEN

 Pagi yang cerah tanggal 2 Mei 2022. Hari pertama lebaran tahun 2022. Pandemi covid sudah berlalu. Hari yang dinanti banyak umat muslim di d...